Beranda | Artikel
Kunci Sukses Menghadapi Ujian
Kamis, 16 Maret 2023

Bersama Pemateri :
Ustadz Abdullah Taslim

Kunci Sukses Menghadapi Ujian adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan Kitab Al-Fawaid. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abdullah TaslimM.A. pada Kamis, 17 Sya’ban 1444 H / 9 Maret 2023 M.

Ceramah Agama Islam Tentang Kunci Sukses Menghadapi Ujian

Ibnul Qayyim Rahimahullahu Ta’ala berkata bahwa seorang hamba dalam kehidupannya senantiasa akan berbolak-balik di antara hukum-hukum syariat (perintah dan larangan Allah) kemudian hukum-hukum dari peristiwa-peristiwa yang menimpa dalam kehidupannya sehari-hari. Maka dalam kondisi ini seorang hamba selalu butuh dan sangat bergantung untuk mendapatkan pertolongan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala ketika menghadapi perintah-perintah dalam syariatNya. Dan juga dia butuh (bahkan dengan kebutuhan yang sangat mendesak) untuk mendapatkan pertolongan Allah atau mendapatkan limpahan rahmatNya ketika menghadapi kejadian-kejadian yang menimpa dirinya dalam kehidupannya.

Ibnul Qayyim Rahimahullahu Ta’ala menjelaskan kaidah kalau kita ingin dimudahkan ketika menghadapi kejadian-kejadian yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari dimana yang mengatur ini semua hanya Allah Subhanahu wa Ta’ala. Maka sesuai dengan bagaimana semangat dia dalam menegakkan perintah Allah dalam agamanya, sesuai dengan itu dia akan mendapatkan kebaikan limpahan rahmat Allah Subhanahu wa Ta’ala ketika menghadapi kejadian-kejadian yang dialaminya.

Ketika dihadapan syariat Allah Subhanahu wa Ta’ala, kita butuh taufik dari Allah Subhanahu wa Ta’ala untuk bisa mengamalkannya dengan sebenar-benarnya. Karena tidak ada yang bisa mengamalkan kebaikan-kebaikan yang Allah syariatkan kecuali hamba-hamba yang ditolong oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

وَمَا تَوْفِيقِي إِلَّا بِاللَّهِ ۚ

“Dan tidaklah taufik dalam mengamalkan kebaikan kecuali dengan pertolongan Allah Subhanahu wa Ta’ala semata-mata.” (QS. Hud[11]: 88)

Kemudian dalam kehidupan kita mengalami kejadian-kejadian. Yaitu terkadang bencana/musibah, atau terkadang mendapatkan nikmat, dalam dua keadaan ini kita selalu butuh pertolongan dari Allah untuk bisa melaksanakan perintah dan menjauhi laranganNya. Ketika bisa melaksanakan satu ibadah, kita mohon taufik dari Allah agar bisa ikhlas. Kemudian agar terus bisa melaksanakan ibadah tersebut dan istiqamah diatas iman, Islam, dan sunnah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam sampai kita menghadap Allah.

Bagaimana pembahasan lengkapnya? Mari download mp3 kajian dan simak penjelasan yang penuh manfaat ini..

Download MP3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/52811-kunci-sukses-menghadapi-ujian/